UKRIDA Bangun Kreativitas Anak Muda Melalui UKRIDA Business Competition (UBC) 2024

Publish by Humas  |  16 Desember 2024  |  279

all akuntansi

Himpunan Mahasiswa Manajemen UKRIDA menyelenggarakan UKRIDA Business Competition (UBC) 2024 dengan tema “VIRTUE” (Venturing an innovative result of technology usage by the efficiency) pada Jumat, 29 November 2024.

Himpunan Mahasiswa Manajemen UKRIDA menyelenggarakan UKRIDA Business Competition (UBC) 2024 dengan tema “VIRTUE” (Venturing an innovative result of technology usage by the efficiency) pada Jumat, 29 November 2024.

Acara yang menekankan pada pemanfaatan teknologi secara inovatif untuk meningkatkan efisiensi ini digelar secara hybrid. Para peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa, dan siswa/i dari berbagai sekolah jenjang SMA mengikuti jalannya acara melalui Zoom maupun hadir langsung di Kampus 1 UKRIDA.

Dr. Daniel Widjaja, S.E., M.M., Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis UKRIDA, dalam sambutannya berharap seminar ini dapat memberikan dampak positif dan membuka wawasan baru tentang dunia bisnis. Acara yang mengedepankan nilai-nilai 4C: critical thinking, creativity, collaboration, dan communication ini juga dimeriahkan oleh penampilan dari UKRIDA Splendid Dancers serta UKM Band.

Dalam paparannya, Paulus Sulastri, S.Kom, M.A., CEO PT Karya Investa Propertindo dan seorang ahli di bidang ekonomi serta bisnis, menekankan pentingnya inovasi sebagai bentuk perubahan yang signifikan. Ia memberikan contoh inovasi terkait penggunaan 3D printer untuk mencetak prototipe fungsional produk sebelum memulai produksi massal, sehingga dapat menghasilkan model awal dari produk baru untuk menguji desain dan fungsinya dan mengurangi risiko kesalahan investasi. 

Dr. Gidion P. Adirinekso, S.E., M.Si., CIQaR, CIQnR., Ketua Prodi Manajemen juga memperkenalkan Program Studi Manajemen di UKRIDA yang telah meraih akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional-Pendidikan Tinggi (BAN-PT), menandakan bahwa kurikulum yang diterapkan berkualitas tinggi dan pembelajaran yang adaptif terhadap perkembangan global dan teknologi. 

 

Memasuki acara utama kompetisi yang diikuti oleh 19 sekolah menengah atas, terpilih 10 tim untuk melanjutkan ke tahap penilaian juri. Kesepuluh finalis tersebut adalah Ekumene Christian High School, SMAK Yusuf A, SMA Methodist, SMA Santa Laurensia Alsut, SMA Santa Laurensia Alam Sutera, SMAN 2 Jakarta, SMAS Pah Tsung, SMK Cinta Kasih Tzu Chi, SMKN 2 Yogyakarta, SMAN 4 Yogyakarta, dan SMK Negeri 9 Jakarta.

 

UKRIDA Business Competition (UBC) tidak hanya menjadi ajang unjuk kemampuan akademik, tetapi juga sebagai wadah pengembangan kreativitas dan inovasi di siswa. Dengan adanya penilaian oleh juri, setiap sekolah diharapkan dapat menampilkan prestasi terbaik dan saling berbagi pengalaman baik.

 

Dalam kompetisi ini, Ekumene Christian High School meraih juara pertama dengan inovasi Hi-Tech Payment dan Connect Your Seller sebagai solusi untuk kopi Starling. Posisi kedua diraih oleh SMA Methodist, sementara SMAK Yusuf A berhasil meraih posisi ketiga. Prestasi ini mencerminkan dedikasi dan kreativitas para siswa dalam menghadirkan solusi inovatif. UKRIDA dengan motto Lead to Impact terus menjadi katalis bagi ide dan kreatifitas generasi muda untuk kemajuan ilmu dan teknologi.